Senin, 19 Maret 2012

Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur

Atom ialah partikel terkecil penyusun unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Atom terdiri dari partikel yang lebih kecil (subatom) yaitu proton, netron, dan elektron. Proton ialah partikel subatom bermuatan positif. Elektron ialah patikel subatom yang bermuatan negatif, sedangkan netron ialah partikel subatom yang tidak bermuatan.

A. STRUKTUR ATOM
1. Partikel Penyusun Atom
Atom terdiri dari inti atom dan kulit atom. Inti atom berisi proton dan netron, sedangkan kulit atom terdiri dari elktron-elektron. Massa proton lebih besar dari massa elektron dan hampir sebagian besar massa elektron terpusat di inti.


Partikel
Lambang
Muatan
Massa
(Kg)
Massa
(sma)
Penemu
Proton
P
+1
1,67265 . 10-27
1,00728
Goldstein
Netron
N
0
1,67495 . 10-27
1,00866
James Chadwick
Elektron
e
-1
9,10953 . 10-31
0,00055
J.J. Thompson


a. Nomor massa dan nomor atom
Penulisan lambang unsur X dengan nomor atom A dan nomor massa atom Z adalah azX
dengan X = lambang unsur/tanda atom
                A = nomor massa = jumlah proton + jumlah netron
                Z = nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron


b. Isoto, isobar, isoton
1) Isotop = Unsur-unsur yang memilki nomor atom sama, tetapi nomor massa berbeda. Dengan kata lain, isotop ialah unsur-unsur yang memiliki jumlah proton sama tetapi jumlah netron berbeda
2) Isobar = unsur-unsur yang memiliki nomor atom berbeda tetapi nomor massa sama
3) isoton = unsur-unsur yang memiliki nomor atom dan nomor massa berbeda tetapi jimlah netron sama.


2. Model Atom
a. Model atom dalton

  • atom merupakan partikel terkecil penyusun zat
  • atom suatu zat identik dan berbeda dari atom zat lain
  • atom-atom zat murni tidak dapat diuraikan menjadi partikel yang lebih kecil
  • dua atom atau lebih dapat bergaubung menjadi senyawa dengan perbandingan tertentu
b. model atom Thompson
  • atom bukanlah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi
  • atom-atom bermuatan netral karena jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif
  • atom merupakan bola bermuatan negatif dengn elektron-elektron berada di tempat-tempat tertentu sebagai muatan negatif. Model atom Thompson mirip dengan bentuk roti kismis
c. model atom Ruhterford
Rutherford melakukan percobaan penghamburan sinar alfa oleh pelat timbal yang menumbuk lempang emas. Hasil pengamatan Rutherford adalah sebagian besar partikel alfa lewat tanpa mengalami pembelokan, sebagian kecil dibelokkan, dan sedikit sekali yang yang dipantulkan kembali berdasarkan percobaan tersebut Rutherford menarik kesimpulan, yaitu ;
  • Sebagian besar partikel alfa menembus lempeng logam tanpa dibelokkan. Hal ini menandakan sebagian besar ruang dalam atom adalah ruang kosong.
  • Sebagian kecil partikel alfa di dibelokkan. Hal ini menandakan muatan inti atom adalah sejenis muatan partikel positif. Partikel alfa yang lewat  dekat inti atom mengalami gaya tolak menolak mauatn listrik sejenis.
  • Sedikit sekali partikel yang dipantulkan kembali. Hal ini menandakan partikel alfa menumbuk bagian yang sangat keras dari inti atom. Bagian itu disebut inti atom, yang memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan ukuran atomnya.

Model atom Rutherford memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menerangkan tentang kestabilan elektron yang mengelilingi inti. Kelemahan teori Ruhterford disempurnakan oleh teori atom Bhor yang akan dibahas pada entri selanjutnya.

Tidak ada komentar: